Top Ads

MANAJEMEN KAPAL NIAGA TEORI, APLIKASI DAN PELUANG-PELUANG BISNIS

































































































Judul
Buku
: MANAJEMEN
KAPAL NIAGA TEORI, APLIKASI DAN PELUANG-PELUANG BISNIS
Pengarang : Prof. Dr. Herman Budi
Sasono, Se., MM
Penerbit : Penerbit Andi
Cetakan  :  Ke-1
Tahun Terbit : 2014
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : 222 hlm
Kertas Isi : HVS
Cover : Soft
Ukuran : 19 x 26 cm
Berat : 500 gram
Kondisi : Baru
Harga :  Rp      
64,000
diskon 15% 
Bayar :  Rp      
54,400

Stock : 1














MANAJEMEN
KAPAL NIAGA TEORI, APLIKASI DAN PELUANG-PELUANG BISNIS


Pengarang: Prof. Dr. Herman Budi
Sasono, Se., MM


Penerbit: Penerbit Andi





DAFTAR
ISI





BAB I ORGANISASI KAPAL      


1.1
Susunan Organisasi Kapal           


1.2
Garis Besar Kekaptenan  


1.3
Tugas Setiap Bagian        


1.3.1 Bagian Dek       


1.3.2
Bagian Mesin    


1.3.3 Bagian Radio    


1.4
Rincian Tugas Setiap Bagian       


1.4.1
Tugas dan Tanggung Jawab Nakhoda  


1.4.2
Tugas dan Tanggung Jawab Mualim 1 


1.4.3
Tugas dan Tanggung Jawab Mualim II


1.4.4
Tugas dan Tanggung Jawab Mualim III           


1.4.5
Tugas dan Tanggung Jawab Serang (Bosun)    


1.4.6
Tugas dan Tanggung Jawab Juru Mudi


1.4.7
Tugas dan Tanggung Jawab Kelasi       


1.4.8
Tugas dan Tanggung Jawab Taruna (Kadet)    


1.4.9
Tugas dan Tanggung Jawab Marchonist (Operator Radio)      


1.4.10
Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Kamar Mesin     


1.4.11
Tugas dan Tanggung Jawab Masinis I


1.4.12
Tugas dan Tanggung Jawab Masinis II          


1.4.13
Tugas dan Tanggung Jawab Masinis III         


1.4.14
Tugas dan Tanggung Jawab Juru Listrik        


1.4.15
Tugas dan Tanggung Jawab Mandor Mesin   


1.4.16
Tugas dan Tanggung Jawab Juru Minyak       





BAB II OPERASIONAL    


2.1
Tugas Jaga            


2.1.1 Jam Kerja di Pelabuhan/Darat  


2.1.2
Tugas Jaga pada Waktu Berlayar          


2.1.3
Tugas Jaga pada Waktu Kapal Labuh Jangkar 


2.1.4
Tugas Jaga pada Waktu Kapal Bersandar di Dermaga 


2.1.5
Tugas Jaga pada Waktu Kapal di Atas Dok     


2.1.6
Tugas Jaga pada Waktu Kegiatan Bongkar Muat        


2.2
Persiapan Kapal Tiba       


2.3
Aktivitas Pemuatan dan Pembongkaran Muatan Kapal  


2.3.1
Penumpang Transmigran           


2.3.2
Penumpang Umum       


2.3.3
Muatan Hewan 


2.3.4
Muatan di Dek (Deck Cargo)   


2.3.5
Muatan Mobil   


2.3.6
Muatan General Cargo (GC)    


2.3.7
Muatan di dalam Palka 


2.4
Persiapan Kapal Berangkat          


2.5
Menahan Muatan Bergerak          


2.6
Perhitungan Sarat Kapal, Trining dan Stabilitas  


2.7
Menjaga Keamanan Kapal, Inventaris dan Alat-alat Kapal        


2.7.1
Menjaga Keamanan Saat Kapal Labuh Jangkar           


2.7.2
Menjaga Keamanan Saat Kapal Sandar


2.8
Pemeliharaan        


2.9
Pengisian Buku Kerja      


2.10
Pembersihan Palka         


2.11
Perencanaan Pelayaran   


2.12
Tindakan Pencegahan Pencemaran Laut           


2.13
Pengisian Bahan Bakar  


2.14
Service Boat       


2.15
Keagenan Kapal Oleh Nakhoda


2.16
Transportasi Darat Kru  





BAB III PETUNJUK OPERASIONAL KAPAL DALAM
KONDISI KRITIS         


3.1
Berlayar dalam Terusan/Alur Sempit dan Lalu Lintas Padat      


3.2
Berlayar dalam Kondisi Pandangan yang Kurang Jelas    


3.3
Berlayar dalam Cuaca Buruk (Badai, Angin Kencang, Gelombang Besar)


3.3.1 Badai Tropis      


3.3.2
Usaha Menghindar dari Medan Badai  


3.4
Bongkar Muat Barang Berbahaya           


3.5
Penanganan Bongkar Muat di Laut         


3.6
Manuver dalam Kondisi Mesin Kritis      





BAB IV PETUNJUK DALAM KEADAAN DARURAT          


4.1
Keadaan Darurat Umum  


4.1.1 Kebakaran         


4.1.2
Ledakan


4.1.3
Pelimpahan/Kebocoran Minyak Pelumas dan Bahan Bakar     


4.1.4
Pelimpahan Muatan Berbahaya Bagi Lingkungan        


4.1.5
Pembajakan/Perampokan          


4.2
Keadaan Darurat di Laut 


4.2.1
Kerusakan Kapal pada Waktu Cuaca Buruk    


4.2.2
Ruang Muatan/Ruang Mesin Kemasukan Air  


4.2.3
Tabrakan           


4.2.4
Kandas  


4.2.5
Muatan Bergeser           


4.2.6
Muatan On Deck Hilang           


4.2.7
Operasi Penyelarnatan  


4.2.8
Kerusakan Radar          


4.2.9
Kapal Kehilangan Jangkar        


43
Keadaan Darurat di Pelabuhan     


4.3.1
Kapal Overdraft


4.3.2
KapalTabrakTambatan  


4A
Keadaan Darurat Sehubungan dengan Dek/Penumpang 


4.4.1
ABK / Penumpang Jatuh ke Laut         


4.4.2
ABK / Penumpang Ceders Atau Sakit Parah   





BAB V PEMERIKSAAN UNTUK DOCK/PERBAIKAN        


5.1
Pemeriksaan
untuk Dock 


5-2
Pelaksanaan Dock


53
Perbaikan  





BAB VI DISIPLIN  


6.1
Kedisiplinan         


6.2
Inspeksi Nakhoda            


6.3
Larangan  





BAB VII STANDING ORDER     





BAB VIII PELATIHAN     





BAB IX ADMINISTRASI  


9.1
Administrasi Umum dan Personalia        


9.1.1 Surat-menyurat 


9.1.2
Telegram           


9.1.3
Buku Catatan Harlan Deck       


9.1.4
Buku Catatan Harlan Mesin     


9.1.5
Buku Catatan Peralatan Bongkar Muat


9.1.6
Laporan


9.1.7
Konosemen (Bill of Loading)   


9.1.8
Manifest


9.1.9
Berita Acara Pembongkaran Eks Palka


9.1.10
Sea Protest      


9.1.11
Prosedur Permintaan Pengaclaan        


9.1.12
Port Information         


9.2
Administrasi Keuangan   


9.2.1 Kas Kapal         


9.2.2
Uang Makan     


9.2.3
Uang Ekstra untuk Pandu         


9.2.4
Uang Premi dan Bonus Luar Negeri     


9.2.5
Uang Cleaning Palka    


9.2.6
Ekstra Premi Dock        


9.2.7
Pinjaman ABK 





BAB X KONDISI KAPAL TIME CHARTER   


10.1
Saat Penyerahan Kapal  


10.2
Saat Charter Berlangsung          





BAB XII ASURANSI          


11.1
Hull And Machinery      


11.2
Persyaratan Ansuransi Kapal     


11.3
Protection And Indemnity (P&I)          


11.3.1
Risiko yang diamankan P & I 


11.4
Petunjuk yang Harus Dilakukan Bila Terkena Musibah


11.4.1
Bila Terjacli Kekurangan Collies (Short Collies) Atas Barang Muatan          





BAB XII ASPEK EKONOMI KAPAL NIAGA.-.


12.1
Latar Belakang   


12.2
Denda Atas Tindak Pidana Perkapalan Sesuai UU No.17/Thn 2008    


12.2.1
Denda Atas Tinclak Pidana di Bidang Kenavigasian 


12.2.2
Denda Atas Tindak Pidana di Bidang Kepelabuhanan          


12.2.3
Denda Atas Tindak Pidana di Bidang Angkutan di Perairan


12.2.4
Denda Atas Tindak Pidana di Bidang Kecelakaan Kapal Serta Pencarian dan
Pertolongan 


12.2.5
Denda AtasTinclak Pidana di Bidang Kelaiklautan Kapal    


12.2.6
Macam-macam Kapal 


12.2.7
Isyarat Bunyi  


12.3
Peraturan Internasional untuk Mencegah Tubrukan di Laut 1972        


12.4
Singkatan-singkatan Popular di Bea dan Cukai





BAB XIII INSA (INDONESIAN NATIONAL SHIPOWNERS'ASSOCIATION)     


13.1
Pengertian INSA           


13.2
Keanggotaan INSA       


13.3
Nama,Tempat Kedudukan dan Waktu. Pendirian         


13.4
Azas dan Tujuan


13.5
Fungsi dan tugas


13.6
Klasifikasi Kapal INSA 


13.7
Jenis Jenis Kapal Laut untuk Perdagangan        


13.8 Pelayaran yang Tergabung dalam INSA


13.9
Jenis Pelayanan Jasa Pelabuhan 


13.10
Tata Cara Mengurus Surat Izin Berlayar (SIB)           


13.11
Istilah dan Biaya yang Berkaitan dengan Perkapalan 


13.12
Tata Cara Pengurusan Bendera Kapal 


13.12.1
Dephub - Ganti Bendera       


13.12.2
Depkeu          


13.12.3
Perdagangan


13.12A
Permohonan Nota Dinas ke Direktur Perkapalan dan Pelayaran Ditjend Perla       


13.12.5
Pengajuan ke Kantor Adpel/Kakanpel         


13.12.6
Permohonan SKB PPN         


13.13
Rumus DOC    


13.14
Bill of Landing            


13.15
Pelabuhan Khusus        


13.15.1
Lokasi Pelabuhan Khusus     





BAB XIV BIAYA-BIAYA MODA TRANSPORTASI DARAT           


14.1
Tempat Menyangkutkan Tali Pengikat, HeadBoard dan Partisi Internal          


14.1.1
TitikTambat     


14.1.2
Headboard dan Front Bulkhead         


14.2
Persyaratan Umum Pengamanan Muatan          


14.2.1
Tali Pengikat   


14.2.2
Memasang Terpal        


14.2.3
Jaring   


14.2.4
Penyangga       


14.2.5
Pengepakan     


14.2.6
Pergesekan      


14.2.7
Penggunaan Titik Ikat 


14.3
Anjuran untuk Skema Mengikat


14.3.1
JenisTraktor Pertanian 


14.3.2
Truk Forklift Industri  


14.3.3
Road Roller     


14.3.4
Pedestrian Roller         


14.3.5
Traktor Soclok/Wheeled Tractor Shovel         


14.3.6
Excavator Hidrolis Tracked and Wheeled      


14.3.7
Motor Grader  


14.3.8
Roped Excavator        


14.3.9
Bulldozer        


14.4
Izin Usaha Angkutan     


14.5
Kewajiban Pemilik/Penanggung Jawab Barang 


14.6
Kewajiban Pengangkut  


14.7
Pengawasan dan Pengenclalian 


14.8
Sanksi Administratif      


14.9
Sistem Informasi Manajemen Perizinan Angkutan        


14.10
Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Pengangkutan


14.11
Istilah dan Definisi      





BAB XV PELUANG-PELUANG BISNIS           


15.1
Peluang Bisnis/Peluang Kerja Saat Kedatangan Kapal Niaga   


15.2
Peluang Usaha Jasa Angkutan Truk      


15.3
Peluang Kerja Transfering Barang Impor          


15.4
Peluang SaatTransfering, Barang Ekspor          


15.5
Peluang Pengadaan Tenaga Buruh Kasar          


15.6
Jam Kerja Pelabuhan      


15.6.1
Receive Doring dan Delivery Doring


15.6.2
Cargo Doring dari Gudang ke Dermaga dan Steve Doring dari Dermaga ke Kapal dan
Sebaliknya              


15.7
Peluang Kerja Pengurusan Dokumen Kepabeanan Barang Ekspor Impor        


15.7.1
Barang Ekspor


15.7.2
Jika Komoditas Adalah Barang Impor           


15.8
Peluang Bisnis dan Peluang Kerja dalam Pengurusan SIB Kapal         


15.9
Peluang Bisnis untuk Menjadi Penyuplai Kebutuhan Logistik Kapal   





Daftar
Pustaka         


















Belum ada Komentar untuk "MANAJEMEN KAPAL NIAGA TEORI, APLIKASI DAN PELUANG-PELUANG BISNIS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

banner 728x90

Iklan Bawah Artikel